Investasi Uni Emirat Arab

Investasi Uni Emirat Arab

Investasi dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) di Manchester City dan juga beberapa klub sepak bola Eropa lainnya mencapai hingga 1 miliar pounds atau sekitar Rp 15 triliun. Jumlah yang luar biasa itulah yang membuat banyak klub yang sudah mereka suntikkan dana menjadi lebih bergairah lagi. Akan tetapi ironisnya, di UEA sendiri sepak bola seolah-olah menjadi lemah dan lesu.


Klub-klub yang terdapat di UEA memang dikabarkan sering bermain di stadion yang seolah-olah kosong karena jumlah penontonnya yang sangat sedikit. Sejumlah penduduk di negara dengan populasi yang kecil ini memang banyak yang menyukai sepak bola. Akan tetapi, mereka seperti menunjukkan kesan apatis kepada pertandingan di liga mereka. Terlebih lagi, kelangsungan hidup mereka juga sering digantungkan pada subsidi pemerintah. Sehingga, klub-klub di UEA kurang mampu untuk membangun tim yang memiliki kualitas. Sebagian besar penduduk di UEA sangat merasa bangga terhadap kesuksesan yang diraih oleh Manchester City sebagai sang juara Premier League dan Piala FA.


united-arab-emirates-flagInvestasi dari pengusaha yang berasal dari Abu Dhabi, yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan yang menyebabkan mereka memiliki rasa dan dukungan yang tinggi terhadap salah satu klub Inggris tersebut. Sementara itu perusahaan lainnya yang sama-sama berbasis di Abu Dhabi, yakni Emirates Airlines juga ikut serta menjadi sponsor dari klub Paris Saint-Germain (PSG), AC Milan, dan juga Arsenal. Bahkan, stadion Arsenal yang mampu menampung kapasitas sebanyak 60.000 orang itu juga memakai nama Emirates, dan itulah yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh rakyat UEA.


Yousuf al-Serkal, selaku Presiden Federasi Sepak Bola UEFA menyayangkan, investasi di jagat sepak bola Eropa itu tidak mendatangkan keuntungan atau pengaruh pada sepak bola lokal. Seperti yang dikutip dari kantor berita Reuters, ia mengatakan jika belum melihat adanya kerja sama yang terjalin di antara klub-klub Eropa dengan klub lokal atau tim nasionalnya sendiri.


Pada saat Liga Champions tengah berlangsung, salah satu rumah makan di Abu Dhabi akan dipenuhi banyak orang. Di antaranya mereka menggunakan seragam kebanggaan Barcelona, Manchester United, Real Madrid, dan seragam klub-klub elite Eropa lainnya. Akan tetapi, ketika klub lokal seperti Al Ain yang berhasil menjuarai Liga UEA dengan menghasilkan skor telak 3-0 pada saat melawan Dubai pada bulan April 2013 lalu, hanya terdapat sedikit orang yang datang langsung ke stadion untuk menyaksikan laga penting tersebut.


 


 



Source: Investasi Uni Emirat Arab

No comments :

Post a Comment