FIFA Rilis Peringkat Tim Nasional

FIFA Rilis Peringkat Tim Nasional

FIFA (Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional) sudah merilis peringkat tim-tim nasional yang termasuk ke dalam daftar negara yang menjadi anggotanya di seluruh dunia bersamaan dengan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013 ini. Posisi tim nasional Indonesia stagnan sekarang ini berada di peringkat bawah, bahkan menurun satu peringkat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.


FIFA merilis ranking tersebut melalui situs resmi FIFA, pada hari Kamis 8 Agustus 2013 dan menyebutkan negara Indonesia berada di peringkat ke 169 dari 209 negara yang termasuk ke dalam anggota FIFA. Posisi itu jelas saja menurun dari peringkat di bulan Juli 2013 lalu pada saat timnasional MerahPutih berperingkat ke168. Posisi tersebut hanya satu strip di atas peringkat terburuk di sepanjang sejarah persepakbolaan nasional (170) selama tiga bulan, yaitu di bulan April hingga Juni 2013 lalu.


indonesiaDengan peringkat yang menurun ke posisi 169 tersebut, Indonesia bukan hanya berada di bawah negara-negara ASEAN lainnya, seperti Thailand yang bertengger di peringkat ke 137, Filipina di posisi ke 141, Singapura (155), Vietnam (156), Malaysia (162), dan Myanmar (165). Tetapi Indonesia, yang merupakan negara berpenduduk sekitar 240 juta jiwa ini  juga hanya terpaut sedikit di atas negara-negara kecil Asia lainnya, seperti Nepal (170) dan Laos (172).


Sepanjang bulan Juli 2013 lalu, para pemain timnasional Indonesia bukan dengan nama timnasional, sebenarnya menjalani sejumlah pertandingan uji coba menghadapi klub-klub asal Inggris yaitu Liverpool, Arsenal, dan Chelsea. Mereka pun harus menelan pahitnya kekalahan pada tiga pertandingan tersebut. Pertandingan uji coba itu tidak ikut diperhitungkan dalam penentuan poin pemeringkatan ranking FIFA.


Terakhir kalinya, timnasional Garuda kembali menjalani laga uji coba resmi pada tanggal 7 Juni 2013 lalu pada saat dikalahkan dengan skor telak 0-3 tanpa balas dari timnas Belanda di Jakarta. Skuad yang dibesut oleh pelatih Jacksen F Tiago ini juga dijadwalkan bakal menjamu Filipina dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, pada hari Rabu mendatang.


 


 


 



Source: FIFA Rilis Peringkat Tim Nasional

No comments :

Post a Comment