Forum Intelektual Indonesia Gelar Kongres

Forum Intelektual Indonesia Gelar Kongres

Forum Intelektual Indonesia menghelat Kongres Guru Besar Indonesia ke-5 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta sampai pada hari Jumat, 13 September 2013 kemarin. Profesor Zoer’aini selaku juru bicara panitia kongres pun menyatakan acara tersebut setidaknya diikuti oleh sekitar 400 guru besar dari seluruh Indonesia. Menurutnya, para partisipan berasal dari 78 kampus negeri dan swasta.


indonesia-banner-14-09-2013Forum yang diketahui bertajuk Merdeka Kembali Secara Utuh, Menjadi Tuan di Negeri Sendiri, Amanat Bagi Pimpinan Begara membahas beberapa isu kebangsaan terkini. Menurut keterangan yang dilontarkan oleh Zoer’aini, kongres ini mencapai kesimpulan yangakan dirumuskan sebagai rekomendasi ke pemerintah. Sementara itu Sri Edi Swasono selaku Ketua Dewan Pembina Forum Intelektual Indonesia pada sesi awal di kongres tersebut mengatakan bahwa salah satu tema yang menjadi pembahasan para guru besar ini ialah perihal kemandirian ekonomi Indonesia.


Sebab menurut penilaiannya, ketergantungan perekonomian nasional terhadap dominasi asing berpotensi membahayakan eksistensi negara. Ia juga menambahkan, di pemerintahan Presiden SBY sudah banyak menteri yang mendukung neolib, makanya dominasi asing bertambah kuat saja. Maka dari itu, iamemberikan kritikan kepada model pembangunan sekarang ini yang dianggap sudah meninggalkan konsep Garis Besar Haluan Negara yang pernah diterapkan oleh Orde Baru. Menurut pendapatnya, konsep ini memang dibutuhkan supaya perencanaan pembangunan ekonomi bisa terencana secara bertahap.


Sesi pertama kongres itu menghadirkan beberapa mantan pejabat yang pernah aktif di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada era rezim Soeharto, kecuali para pakar kebijakan pertanian dan minyak, Kurtubi. Selain Sri Edi Swasono, juga terdapat eks Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan masa Orde Baru serta JB Sumarlin. Sementara itu, Rahardi Ramelan sebagai Guru Besar ITS yang pernah menjabat Menteri Muda Bappenas di masa Orde Baru dan Menteri Perindustrian era Presiden Megawati tapi tersandung kasus korupsi dana non-bujeter Bulog, juga ikut menjadi pembicara dalam forum tersebut. Ia mengungkapkan, pihaknya memang sengaja mendatangkan para pembicara yang pernah aktif untuk merancang konsep di Bappenas.



Source: Forum Intelektual Indonesia Gelar Kongres

No comments :

Post a Comment