Everton Masih Menemui Jalan Terjal

Everton Masih Menemui Jalan Terjal

Everton selain harus bisa memaksimalkan lima laga sisa, The Toffees akan bersaing dengan trio London, yakni Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur. Dari segi finansial dan komposisi skuad saja Everton berada jauh mentereng di bawah ketiga tim tersebut. Everton hanya bernilai 68,5 juta pounds (sekitar Rp1 triliun), bandingkan dengan Chelsea berada di urutan teratas dengan skuad yang bernilai 284,2 juta pounds (sekitar Rp4,2 triliun), lalu Arsenal di peringkat 2 dengan 153,5 juta pounds (sekitar Rp2,3 triliun), dan Tottenham senilai 135,3 juta pounds (sekitar Rp2 triliun). Hasil 0-0 melawan Arsenal dini hari kemarin juga membuat Everton semakin sulit.


evertonEverton kini berada di peringkat 6 klasemen sementara dengan koleksi 56 poin. Tapi, bukan berarti peluang mereka merebut posisi 4 besar tertutup. Sepak bola sangat sulit diprediksi dan segala sesuatu bisa saja terjadi. Meski tidak memiliki skuad yang dipenuhi pemain bintang, penampilan Everton bisa dinilai cukup stabil. Keberadaan David Moyes sebagai pelatih plus kehebatannya dalam meracik dan memanfaatkan potensi yang dimiliki skuadnya terbukti jitu.


Everton kerap menjadi batu sandungan serta bersaing ketat dengan tim-tim mapan di Liga Primer dalam beberapa musim terakhir. Kejeniusan Moyes juga diakui bek Phil Jagielka. Dia mengatakan komposisi skuad yang dimiliki Everton saat ini cukup mumpuni. Kendati timnya tidak terlalu diperhitungkan untuk menduduki posisi 4 besar klasemen, pemain berusia 30 tahun tersebut menilai situasi kondusif di dalam tim justru membuat mereka mampu tampil bagus di setiap pertandingan. Setiap orang yang menyaksikan televisi, tim yang berada di peringkat 6 sangat sulit bersaing memperebutkan posisi 4 besar dan setiap orang mungkin berpikir Everton tidak memiliki kesempatan. Namun, semua itu tidak memengaruhi kondisi psikologis tim. Everton saat ini memiliki staf pelatih, manajer, dan atmosfer ruang ganti yang luar biasa. Everton sangat percaya bahwa mereka memiliki skuad yang bagus dan mampu bersaing dengan tim-tim lain.


Berbeda dengan Jagielka yang optimistis timnya bakal mampu merebut posisi 4 besar, Moyes justru lebih bersikap realistis. Meski dirinya menegaskan akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih hasil maksimal pada lima laga terakhir, pelatih kelahiran Bearsden, Glasgow, Skotlandia, tersebut menilai peluang Everton meraih tiket Liga Champions cukup berat. Namun, Moyes tetap menjaga mimpi itu terwujud. Sekarang, Moyes mengatakan timnya harus berjuang keras bila ingin menembus 4 besar. Mereka masih menyisakan lima pertandingan dan segala sesuatunya bisa saja terjadi. Namun, tiket ke Liga Europa musim depan tampaknya lebih realistis dan mereka berharap mampu mendapatkannya.


 



Source: Everton Masih Menemui Jalan Terjal

No comments :

Post a Comment