Sunderland dan Newcastle Buat Malu

Sunderland dan Newcastle Buat Malu

Sunderland dan Newcastle belum lama ini bertemu dalam laga panas yang Tyne Wear Derby. Usai pertandingan, sejumlah suporter tuan rumah yang tak terima kekalahan tim kesayangan mencoba untuk melakukan aksi kekerasan terhadap pemain tamu. Mereka menghadang bus pemain Sunderland yang hendak meninggalkan stadion seusai laga. Namun, upaya mereka terjegal oleh barikade polisi yang menjaga bus tim tamu.


Supporter Newcastle buat rusuhPersonil Sunderland berusaha untuk dilindungi oleh pihak yang berwajib. Namun merasa upaya mereka dihalangi polisi, pendukung tuan rumah malah kalap. Polisi yang menjaga keamanan menjadi sasaran pelampiasan. Tak kurang botol minuman, kembang api, batu bata, hingga batu-batu dilemparkan suporter tuan rumah ke arah polisi. Seorang polisi yang turut mengamankan situasi ini berhasil ditemui dan dimintai keterangan. Kepada agen bola IBCBet, beliau menyebut bahwa kerusuhan ini menjadi salah satu terparah yang terjadi di pusat Kota Newcastle dalam satu dekade terakhir.


Aksi suporter tuan rumah semakin brutal tatkala salah seorang dari mereka terlihat memukul salah seorang pasukan polisi berkuda. Insiden ini meningkat eskalasinya ketika sekelompok grup pendukung Newcastle berupaya menghadang pendukung Sunderland di stasiun pusat kota. Aksi ini pun memakan korban, di mana tiga petugas kepolisian terluka dan satu di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit.


Kepala Kepolisian Northumbria Superintendent Steve Neil menyayangkan peristiwa tersebut. Sikap merusak seperti itu sama sekali tak bisa ditoleransi. Neil akan mengambil tindakan untuk melawan segala upaya kekerasan.  Keselamatan umum selalu menjadi prioritas pertama selama dalam pertandingan sepak bola. Karena itunya, segala bentuk tindakan kekerasan akan ditangani. Pihaknya juga akan melakukan investigasi menyeluruh untuk menyelesaikan masalah ini secara tuntas setelahnya.


Pihak polisi pun akhirnya menahan 29 suporter yang terlibat kerusuhan dan akan menangkap puluhan lain yang juga dianggap terlibat setelah polisi mempelajari rekaman CCTV selama kerusuhan berlangsung.


Peristiwa ini tentu saja mencoreng sepak bola Inggris karena terjadi tak lebih dari 24 jam setelah kasus serupa juga menyeruak seusai laga Piala FA antara Wigan Athletic melawan Millwall. Sebanyak 14 suporter ditahan dan empat petugas mengalami cedera ringan akibat insiden tersebut.



Source: Sunderland dan Newcastle Buat Malu

No comments :

Post a Comment