Cardiff City Dipastikan Debut Di Liga Primer Inggris

Cardiff City Dipastikan Debut Di Liga Primer Inggris

Cardiff City memang telah menjalani pengorbanan yang tidak mudah dan tidak murah untuk bisa menggenggam kesuksesan. Namun, hasilnya setimpal dengan buah manis yang mereka petik. Terbukti, sepanjang musim ini bergulir, Cardiff sukses memetik 25 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 9 kekalahan. Cardiff sukses bercokol di posisi puncak dengan torehan 84 poin, unggul tujuh poin atas Hull City yang bertengger di posisi runner-up.


Cardiff CityCardiff City yang memiliki julukan Walet Biru dengan hanya menyisakan tiga laga, secara matematis sudah tidak mungkin lagi dikejar. Sukses ini menjadi akhir penantian klub yang dimiliki Simon Lim itu setelah berjibaku di kasta bawah selama 51 tahun. Masuknya Cardiff ke Liga Primer membuat Wales memiliki dua wakil. Pendahulu mereka, Swansea City, sukses bertahan di Liga Primer sejak bergabung dari musim 2011/2012. Jika disimak, penampilan klub Wales di Liga Primer tak mengecewakan. Di musim ini saja, Swansea berhasil bercokol di peringkat 9 dengan pembukuan 41 poin, aman 10 poin dari garis zona degradasi.


Cardiff yang juga pernah berpengalaman bermain di Liga Primer dengan pemain andalannya yaitu Craig Bellamy yang mengatakan, tantangan di Liga Primer dan Championship hampir sama. Karena itu, mantan pemain Manchester City dan Liverpool itu merasa bangga dengan keberhasilan timnya. Demikian ungkapnya dalam sebuah wawancara, sebagaimana yang dikutip agen bola terpercaya.


Pernyataan Bellamy memang bukan tanpa alasan. Sebab, Cardiff telah mengalami mimpi buruk yang sangat panjang. Pada musim 1962/1963, Cardiff bersama Chelsea tersingkir dari Liga Primer. Mereka kemudian digantikan Liverpool dan Leyton Orient. Sejak saat itu, Walet Biru seakan-akan seperti kehilangan sayapnya.


Faktanya, pada tahun 1996, tim besutan Mackay tersebut malah terperosok ke kasta empat (League Two) dan duduk di peringkat 22 dari 24 kontestan. Sepanjang sejarah, Cardiff memang belum pernah memajang mahkota Liga Primer. Bahkan, mereka belum pernah bertahan di Liga Primer lebih dari satu musim. Kendati demikian, mereka tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, tim yang pernah meraih Piala FA pada 1927 itu kembali memasuki babak final Piala FA pada 2008. Tapi, sayang, mereka kandas 0-1 dari Portsmouth.



Source: Cardiff City Dipastikan Debut Di Liga Primer Inggris

No comments :

Post a Comment