Heynckes Hengkang Dengan Rekor Sempurna

Heynckes Hengkang Dengan Rekor Sempurna

Jupp Heynckes seperti yang sudah diketahui akan segera meninggalkan klub asuhannya Bayern Munchen tak lama lagi. Namun, dia meninggalkan beban berat bagi penerusnya, Josep Guardiola. Dengan nama besar dan prestasi yang ditorehkannya, Guardiola diramalkan dapat meningkatkan pamor Bayern. Tapi, apakah dia mampu menyaingi Heynckes? Pasalnya, Heynckes sudah mematok target tinggi. Dia membukukan prestasi yang mungkin sulit ditandingi pelatih lain. Heynckes telah menorehkan musim sempurna. Arsitek berusia 67 tahun itu membawa FC Hollywood sebagai tim yang paling cepat memenangkan Bundesliga sepanjang masa. Dia juga telah mencatat sejumlah rekor fantastis.


Jupp Heynckes dan Pep GuardiolaHal ini menjadikan Jupp Heynckes menuliskan prestasi yang sempurna dalam perjalanan klub Bayern Munchen. Mantan arsitek Bayer Leverkusen itu bahkan berpeluang meraih treble winner. Heynckes punya kans mengawinkan gelar Bundesliga dengan Trofi Liga Champions dan DFB-Pokal. Presiden Bayern Uli Hoeness mengatakan ia tidak pernah ingat Bayern bisa memenangkan Bundesliga secepat ini. Mungkin bukan hal mustahil bagi Guardiola untuk menyamai prestasi Heynckes jika nantinya meraih tiga gelar sekaligus. Pasalnya, Guardiola pernah memenangkan lebih dari tiga kompetisi berbeda dalam satu musim ketika masih melatih Barcelona.


Dia sempat merengkuh enam gelar pada 2011. Namun, bagaimana dengan sejumlah rekor yang ditorehkan Heynckes di ranah Jerman? Berdasarkan catatan agen bola terpercaya, rekor lainnya yang berhasil diperoleh Heynckes adalah torehan kemenangan tandang terbanyak dalam satu musim di sepanjang sejarah Bundesliga, yakni 13 kali. Itu terjadi setelah Bayern mengalahkan Eintracht Frankfurt 1-0. Jumlah itu bisa bertambah lantaran Bayern masih punya sejumlah laga tandang lagi. Lalu, jumlah kemenangan terbanyak tanpa kebobolan. Sebanyak 18 dari 24 sukses yang dihasilkan Bayern sejauh ini terjadi tanpa kecolongan.


Itu lebih banyak satu kali dari rekor Schalke 04 pada edisi 1971/1972. Bayern juga mencatat 12 clean sheet selama menjalani laga tandang. Jauh melebihi torehan sebelumnya yang hanya sembilan. Dengan rata-rata usia 26,6 tahun, Heynckes juga ditahbiskan sebagai pelatih dengan pasukan termuda yang memenangkan Bundesliga. Sulit rasanya bagi Guardiola menyamai atau melewati rekor tersebut.


Pasalnya, dia akan berjibaku di kompetisi berbeda dengan tim berbeda serta filosofi berbeda. Itulah beban yang akan dipikul Guardiola. Tak dapat dipungkiri, selama bertugas nanti, arsitek asal Spanyol tersebut akan terus dibandingkan dengan Heynckes. Artinya, bila sedikit saja terjadi kesalahan, dia bukan tidak mungkin akan dihujani kritik.



Source: Heynckes Hengkang Dengan Rekor Sempurna

No comments :

Post a Comment