Timnas Indonesia Jalani Laga Berat Namun Optimis

Timnas Indonesia Jalani Laga Berat Namun Optimis

Tim Nasional Indonesia, diyakini akan melakoni laga berat dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Tim Nasional Arab Saudi, Sabtu malam ini (23/03/2013). Walaupun demikian, optimisme tetap merebak di Timnas Indonesia untuk meraih hasil positif di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sekaligus memutuskan rekor pertemuan negatif dengan Arab Saudi.

Usaha Tim Merah-Putih untuk mencuri poin atau mencatatkan kemenangan pertama saat menjamu Arab Saudi, dibayangi berbagai catatan pertemuan yang buruk. Dari 11 pertandingan yang dimainkan kedua negara, Indonesia hanya mampu mengantongi tiga kali hasil imbang. Selebihnya, selalu berakhir dengan kekalahan. Hasil imbang perdana, diukir tim Garuda pada tahun 1983. Berlaga di ajang Kualifikasi Olimpiade 1984, Arab yang kala itu juga bertindak sebagai tim tamu ditahan imbang, 1-1.

Pemain Timnas Indonesia dalam sesi latihan menghadapi Arab Saudi, Maret 2013.

Adapun, hasil imbang kedua terjadi pada tahun 1997. Dijamu Arab Saudi dalam laga persahabatan, pertandingan kembali diakhiri dengan kedudukan 1-1. Hasil imbang terakhir kedua tim terjadi pada tahun 2011. Kala itu, kedua tim sama-sama ditukangi pelatih asal Belanda. Frank Rijkaard di kubu The Green Falcons, sedangkan Wim Rijsbergen membawa panji Merah-Putih. Tidak sama seperti di dua laga sebelumnya, hasil imbang ke-3 ini berakhir dengan skor kacamata, 0-0.

Pelatih Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan, ketika ditanyakan peluang dari Irfan Bachdim dan rekan-rekan dalam pertandingan kali ini, menekankan bahwa hasil akhir akan sangat ditentukan oleh motivasi seluruh pemain. Dirinya menambahkan bahwa para pemain wajib memotivasi diri sendiri untuk menang dan tidak boleh takut dengan kehebatan Arab Saudi. Memang jika dibandingkan kekuatan di antara kedua tim, Arab Saudi dan Indonesia cukup memiliki jarak. Akan tetapi, motivasi berlipat yang tengah didapat tim Garuda setelah kembali bergabungnya pemain-pemain terbaik Tanah Air lewat keputusan Konggres Luar Biasa PSSI tanggal 17 Maret lalu, tentunya akan menjadi faktor pembeda dalam laga melawan Arab Saudi.

Semoga faktor positif yang disebutkan sang pelatih tersebut, dapat dimaksimalkan dan jadi senjata ampuh buat meredam Arab Saudi. Tentunya tugas para pemain adalah bermain sebaik mungkin sesuai instruksi pelatih, sedangkan hasil akhir pertandingan akan menjadi tanggung jawab Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago sebagai duet pelatih sementara timnas.

Hal senada juga disampaikan salah satu pemain belakang tim Garuda, Ricardo Salampesy. Dirinya menyatakan, jika seluruh pemain yang saat ini tergabung dalam tim Garuda memiliki motivasi berlipat untuk mengincar kemenangan perdana dari The Green Falcons. Seluruh pemain sambung Salampesy, telah siap memberikan kemampuan terbaiknya dalam pertandingan melawan salah satu kekuatan sepakbola di Asia tersebut, Sabtu malam nanti. Tentunya slogan “Garuda di Dadaku” akan sangat cocok untuk melecut semangat para punggawa Tim Nasional Indonesia dalam melawan Arab Saudi.


Source: Timnas Indonesia Jalani Laga Berat Namun Optimis

No comments :

Post a Comment