Theo Zwanziger : Putusan FIFA Salah Besar

Theo Zwanziger : Putusan FIFA Salah Besar

Theo Zwanziger yang merupakan anggota Komite Eksekutif FIFA berpendapat bahwa keputusan FIFA untuk memilih Qatar sebagai tuan rumah pada kompetisi sepak bola bergengsi, Piala Dunia 2022 adalah sebagai kesalahan fatal. Zwanziger juga menilai, wacana pemindahan jadwal penyelenggaraan ke musim dingin justru bisa mengganggu jadwal liga-liga di Eropa lainnya. Seperti yang dilansir Sport Bild pada hari Jumat, 26 July 2013 lalu, ia mengatakan jika usulan Sepp Blatter tersebut untuk menunjukpemilihan Qatar ialah sebuah kesalahan besar.


Theo Zwanziger yang juga adalah mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) tersebut merasa khawatir, apabila perubahan jadwal yang fifa-theodiusulkan oleh Presiden FIFA Sepp Blatter tersebut akan membahayakan sepak bola Jerman secara menyeluruh. Menurutnya, penggantian jadwal Piala Dunia akanikut mempengaruhi struktur federasi sepak bola di Eropa. Selain itu, pergantian ini juga akanmenimbulkan dampak pada Bundesliga serta ke divisi-divisi bawah lainnya.


Theo Zwanziger memang memiliki cukup alasan untuk mengemukakan pendapatnya tersebut. Sebab rencana pemindahan jadwal Piala Dunia ke musim dingin ini bukan hanya akan berpengaruh ke Jerman saja, tetapijuga sampai ke liga-liga sepak bola di Eropa pada umumnya.

Selain di Inggris, pertandingan Eropa juga mempunyai winter break atau libur selama lebih dari kurang 6 minggu pada akhir bulan Desember. Apabila wacana pemindahan jadwal itu benar-benar terealisasi, maka negara-negara di Eropa yang menjadi peserta masih harus membutuhkan setidaknya 6 pekan untuk mempersiapkan timnya masing-masing.


Theo Zwanziger berpendapat, apabila menunjuk Qatar terbukti merupakan sebuah kesalahan, maka keputusan itu harus segera dicabut. Jangan sampai justru ada beban lebih besar bagi pihak-pihak yang justru tidak terlibat secara langsung. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pada pekan kemarin Blatter sempat mewacanakan pemindahan jadwal Piala Dunia ini lantaran cuaca Qatar di musim panas dirasakan terlalu panas. Sebagai gambaran, temperatur Qatar pada bulan Juni dan Juli pada umumnya mencapai hingga 40 derajat celsius. Atas dasar itulah, maka Blatter menilai jika cuaca panas tidak akan bisa ditolerir hanya dengan mendinginkan stadion saja.


 



Source: Theo Zwanziger : Putusan FIFA Salah Besar

No comments :

Post a Comment